Pages

Minggu, 03 April 2011

Ubuntu Live USB (Say Goodbye For Live CD)


Judulnya sedikit asing di telinga kita, tetapi penggunaannya sama seperti yang kita tau sebelumnya dan manfaatnya juga bermutu. Kali ini saya akan memberikan sedikit cara kepada anda mengenai sebuah cara untuk membuat Ubuntu Live USB. Dengan aplikasi yang bernama UNetbootbin yang portable ini kita dapat menjalankan Ubuntu tanpa menginstallnya pada harddisk kita dan tidak juga melakukannya secara Live CD yang lama-kelamaan dapat menurunkan performa dari Optical Disk Drive (ODD) kita karena optik digunakan untuk membaca data-data dari CD/DVD yang digunakan dalam waktu yang cukup lama (tergantung penggunaan, tetapi tetap saja dapat menurunkan kinerja ODD).

Cara penggunaan aplikasi ini bisa dibilang cukup mudah. Hanya dengan melakukan konfigurasi pada satu halaman kerja saja dan menunggu sejenak, maka flashdisk kita sudah siap digunakan sebagai Ubuntu Live USB. Silahkan anda siapkan dulu flashdisk yang akan anda gunakan (saya menggunakan flashdisk berkapasitas 4GB), kemudian anda juga harus menyiapkan file installer Ubuntu dalam format ISO dan tentu saja sebuah apliksi yang bernama UNetbootbin. Untuk mendapatkan aplikasi UNetbootbin silahkan klik disini. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini :

Silahkan lihat gambar sebagai referensi....


  1. Pada jendela akan ada 3 pilihan dan silahkan anda pilih yang ke dua yaitu DiskImage dengan ketentuan yang digunakan adalah ISO dan silahkan anda tentukan lokasi file ISO (disk image dari Ubuntu yang anda gunakan). 
  2. Paling bawah ada pilihan Show All Drives (Use with Care), silahkan anda checklist pilihan tersebut, kemudian untuk Type anda isikan USB Drive dan untuk Drive silahkan anda isikan Drive Letter dari USB Flashdisk yang anda gunakan (silahkan lihat pada Windows Explorer untuk meyakinkannya). 
  3. Klik OK dan silahkan tunggu sampai proses selesai dan setelah itu flashdisk anda siap digunakan.
Jika anda sudah selesai melakukan langkah yang diatas, maka silahkan anda gunakan flashdisk anda tersebut sebagaimana mestinya. Tetapi, anda harus melakukan setup BIOS terlebih dahulu agar proses booting melalui USB Drive terlebih dahulu. Agar lebih jelas dan mengerti silahkan anda coba terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger