Pages

Sabtu, 02 April 2011

Membuat Efek Berwarna Pada Obyek Tertentu Saja (Tutorial Photoshop)

Satu lagi nih, teknik edit foto di photoshop yang simpel tetapi bermanfaat karena dapat menghasilkan sebuah foto yang artistik yang bisa anda pamerkan di profile picture facebook masing-masing. Dengan teknik ini kita dapat membuat gambar yang tidak berwarna pada bagian luar obyek, sedangkan pada obyek gambar masih memperlihatkan warna asli. Okey, langsung saja. Dalam hal ini saya akan menggunakan foto seorang wanita cantik yang bisa anda lihat pada bagian before & after dibawah.


  1. Buka foto yang ingin anda edit.
  2. Klik icon Create New Fill Adjustment Layer yang terdapat pada tab Layers.
  3. Pilih Hue/Saturation... Setelah itu silahkan anda atur (Hue: -180, Saturation: -100, Lightness: "tergantung selera anda, jika kurang gelap maka geser ke kiri").
  4. Klik layer yang baru tersebut, kemudian pada toolbox aktifkan Brush Tool, lalu atur Hardness'nya sesuai selera anda (Saya sarankan lebih kurang 30%, agar menghasilkan pinggiran yang tidak terlalu kaku dan tidak terlalu blur), dengan cara klik kanan pada area kerja.
  5. Silahkan anda lakukan Brushing pada area yang ingin anda buat berwarna. Lakukan hal ini dengan rapi dan sedikit imajinasi anda agar hasilnya maksimal.
Anda jangan khawatir jika pada saat melakukan brushing ada area yang seharusnya tidak anda brush tetapi ternyata terkena brush. Anda bisa memanfaatkan Eraser Tool untuk menghapus area tersebut, sehingga pekerjaan anda bisa lebih rapi.


Jika anda ingin menambahkan teks, gambar, bingkai, dan sebagainya, silahkan anda berkreasi dengan kratifitas anda masing-masing. Semoga tutorial ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger