Pages

Minggu, 03 April 2011

Membuat Efek Timbul Pada Gambar, Layer, atau Teks (Tutorial Photoshop)


Photoshop memang sebuah aplikasi photo editor yang sangat banyak digunakan. Jika kita sudah mengerti menggunakan program ini, maka kita akan ketagihan untuk selalu mencobanya sampai-sampai semua foto kita sudah habis ter'Edit, sehingga kita akan terinspirasi untuk meng'Edit foto foto orang terdekat kita. (Wuih, bahaya ini).

Baiklah, sekarang saya akan memberikan sebuah cara yang sangat-sangat sederhana untuk melakukan editing, yaitu membuah sebuah gambar/layer/text atau apapun agar terlihat menjadi lebih nyata dengan memberinya effect emboss. Hal ini akan kita lakukan dengan menggunakan fitur bawaan dari photoshop (disini CS3) agar kita tidak perlu melakukan konfigurasi pada blending options yang tentu saja akan sedikit rumit.

efek timbul photoshop, catatan mahasiswa pecinta kampus, mampus

Untuk mempersingkat waktu silahkan anda ikuti instruksi dari blog Catatan Mahasiswa Pecinta Kampus ini, silahkan anda buka Adobe Photoshop lalu anda buka sebuah gambar yang ingin anda berikan efek timbul.

  1. Buatlah duplikat dari obyek (gambar, layer, text) dengan cara menekan tombol Ctrl+J.
  2. Klik layer yang paling atas (duplikatnya), lalu anda cari pada Menu Bar, pilih Window - Styles.
  3. Pada jendela Styles yang muncul, disebelah kanan ada icon tanda panah kebawah dan tiga garis sejajar, klik tombol tersebut lalu pilih Web Styles. Jika ada pertanyaan pilih saja OK.
  4. Pilih salah satu pilihan yang muncul (dalam hal ini saya menggunakan Brushed Metal Stamped), lalu ganti blending mode'nya menjadi Multiply.
  5. Jika gambar terlalu gelap, maka kecilkanlah Opacity menjadi lebih kurang 50%.
  6. Selesai.

Pada tutorial ini saya menggunakan header dari blog Catatan Mahasiswa Pecinta Kampus sebagai model'nya (^^) dan perbanding before : after bisa anda lihat pada gambar dibawah ini. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.
     

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger