Pages

Minggu, 03 April 2011

Membuat Jaringan Computer-To-Computer (AD HOC)


Untuk membuat jaringan seperti ini kadang-kadang kita kesulitan membuatnya, padahal langkah yang kita gunakan sudah merupakan langkah-langkah yang benar yang biasa kita dapatkan dari berbagai sumber di internet. Sekarang mari kita sama-sama belajar untuk membuat jaringan seperti ini pada dua buah laptop agar bisa terhubung satu sama lain dengan menggunakan wireless, baik untuk sekedar belajar, bermain game multiplayer, dan sebagainya. Mari kita mulai saja.


Yang perlu kita siapkan dalam hal ini adalah dua buah laptop yang masing-masing sudah berisi wireless yang akan kita gunakan sebagai media konektifitas dari kedua laptop tersebut. Kemudian kita lakukan langkah-langkah berikut ini.
  1. Wireless pada laptop dalam keadaan aktif.
  2. Kita cari START >> NETWORK CONNECTIONS.
  3. Lalu kita pilih device yang kita gunakan yaitu Wireless Adapter, kemudian klik kanan, lalu PROPERTIES.
  4. Pilih Tab WIRELESS NETWORKS.
  5. Pada PREFERRED NETWORKS kita klik tombol ADD....
  6. Pada NETWORK NAME (SSID) : kita isikan nama jaringan yang kita inginkan, misalnya saja : BELAJAR.
  7. Kemudian pada WIRELESS NETWORK KEY kita atur sebagai berikut : 
    • Network Authentication : Open
    • Data Encryption : Disabled
  8. Kemudian isi tanda checklist pada pilihan "This is a computer-to-computer (ad hoc) network ; wireless access points are not used" lalu klik OK. 
  9. Lalu pada bagian kanan bawah, klik tombol ADVANCED dan pilih pilihan yang paling bawah, yaitu "COMPUTER-TO-COMPUTER (AD HOC) NETWORKS ONLY" lalu Close.
  10. Klik OK.


Setelah kita selesai melakukan konfigurasi diatas, mari kita lanjutkan dengan menghubungkan kedua laptop. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan wireless pada laptop kedua (bukan yang dikonfigurasi dengan konfigurasi diatas) sudah diaktifkan.
  2. Kita cari START >> NETWORK CONNECTIONS.
  3. Klik ganda pada WIRELESS NETWORK CONNECTION, sampai muncul kotak wireless network connection.
  4. Akan muncul Choose a wireless network. Jika konfigurasi yang kita lakukan pada laptop pertama sudah tepat, maka pada pilihan network connection di laptop yang kedua akan muncul network yang bernama BELAJAR dengan icon dua buah laptop yang dihubungkan dengan garis lengkung yang putus-putus.
  5. Klik ganda pada network BELAJAR tersebut, hingga muncul "Acquiring Network Address" untuk memberikan IP Address pada laptop kedua, dan secara otomatis laptop pertama juga akan mencari dan diberikan IP Address, hingga muncul notifikasi yang menyatakan bahwa jaringan sudah terhubung (CONNECTED).


Setelah kedua laptop sudah terhubung, maka itu artinya kita sudah berhasil membuat jaringan computer-to-computer dengan metode ad hoc, dan selanjutnya kita lakukan pemanfaatan jaringan tersebut sesuai dengan yang kita inginkan, baik untuk melakukan file sharing, printer sharing, game online, dan sebagainya.


Catatan :

Pada saat melakukan proses konfigurasi, mungkin saja kita mendapatkan masalah-masalah yang menghambat proses-proses diatas. Untuk itu silahkan perhatikan hal-hal berikut ini, mudah-mudahan bisa membantu.
  1. Pastikan Wireless sudah diaktifkan.
  2. Sebaiknya Windows Firewall di non-aktifkan.
  3. Mungkin saja tab WIRELESS NETWORKS pada Wireless Network Connections Properties tidak anda temukan. Pada umumnya ini disebabkan oleh :
    • Anda menggunakan software tersendiri untuk mengkonfigurasi penggunaan wireless pada laptop anda (biasanya bawaan dari driver).
    • Mungkin Windows XP yang anda gunakan bukan Windows XP yang Full, tetapi merupakan hasil modifikasi, dimana file kurang lengkap.
  4. Jika langkah yang anda ikuti sudah benar, tetapi belum juga bisa terhubung, silahkan coba RESTART laptop anda atau LOGOFF saja, kemudian mulai lagi untuk menghubungkan jaringan. 
  5. Anda juga bisa memberikan IP Address sendiri-sendiri pada Network Device jika anda ingin IP Address dari masing-masing laptop sesuai dengan yang anda inginkan.

Sekian yang bisa saya informasikan, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, tentu saja untuk memajukan Dunia Informatika di Indonesia, khususnya untuk teman-teman yang masih belajar (misalnya di SMK Informatika) atau teman-teman yang ingin belajar secara otodidak tentang jaringan komputer. Untuk download file lengkap (berisi tutorial beserta gambar) dalam PDF silahkan klik disini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger